Etika Bisnis
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan
kegiatan bisnis,
yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga
masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma
dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan
sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
Perusahaan meyakini prinsip bisnis
yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan
berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan
dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Etika Bisnis dapat menjadi standar dan
pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai
pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang
luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.
Tujuan Etika Bisnis
Tujuan etika bisnis
adalah menggugah kesadaran moral para pelaku bisnis dalam menjalankan good
business dan tidak melakukan ‘monkey business’ atau dirty business. Etika
bisnis mengajak para pelaku bisnis mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang
etis agar bisnis itu pantas dimasuki oleh semua orang yang mempercayai adanya
dimensi etis dalam dunia bisnis. Hal ini sekaligus menghalau citra buruk dunia
bisnis sebagai kegiatan yang kotor, licik, dan tipu muslihat. Kegiatan bisnis
mempunyai implikasi etis dan oleh karenanya membawa serta tanggung jawab etis
bagi pelakunya.
Fungsi Etika Bisnis
Pengertian Etika Bisnis dan Fungsi
Penerapan Etika Bisnis. Dalam penerapan etika bisnis ini tentu akan adalah
nilai plus atau keuntungan tersendiri bagi sebuah perusahaan, baik dalam jangka
waktu yang panjang maupun menengah. Adapun fungsi etika bisnis diantaranya
adalah dapat mengurangi dana yang diakibatkan dari pencegahan yang kemungkinan
terjadinya friksi atau perpecahan, baik dari intern perusahaan itu sendiri
maupun ekstern.
Selain itu, dalam penerapan etika
bisnis ini juga berfungsi untuk membangkitkan motivasi pekerja agar terus
meningkat, melindungi prinsip dalam kebebasan berdagang atau berniaga, serta
dapat meciptakan keunggulan dalam bersaing.
Secara umum, suatu tindakan perusahaan
yang kurang etis akan membuat konsumen menjadi terpancing dan pada akhirnya
muncullah sebuah tindakan pembalasan. Seperti contoh adanya larang beredarnya
suatu produk, gerakan pemboikotan, dan yang sejenisnya, maka yang terjadi
adalah penurunan nilai jual dan juga perusahaan.
Hal ini tentu berbeda dengan suatu
perusahaan yang menghargai adanya etika bisnis, pasti akan mendapatkan
peringkat kepuasan yang lebih tinggi. Nah, sampai disini pembahasan kita
tentang pengertian etika bisnis, selamat untuk anda yang berani masuk dalam
dunia bisnis dan tentunya dengan menjunjung tinggi adanya etika bisnis.
Sumber :
- http://pii.or.id/etika-bisnis/
- https://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis
.
0 comments: