RENCANA KEGIATAN DAN TARGET PENCAPAIAN

12:50 AM 0 Comments

RENCANA KEGIATAN DAN TARGET

Dalam kehidupan tentulah dibutuhkan suatu pengaturan dan sistem yang disebut manajemen. Menurut James A.F Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk dapat menjalankan manajemen dalam kehidupan dengan baik dibutuhkan aktivitas aspek-aspek dalam ilmu manajemen yaitu POAC adalah dasar manajemen untuk organisasi manajerial. Fungsi POAC sendiri dalam suatu organisasi adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi suatu organisasi dalam pencapaian tujuannya. Terdapat empat aspek manajemen yaitu: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating/directing (penggerakkan dan pengarahan), serta controlling (pengendalian)
AKTIVITAS KEGIATAN SEHARI-HARI

Jam
Kegiatan
05.00 - 06.00
Selamat Pagi, mandi sholat shubuh dan melakukan pemanasan kecil untuk tubuh
06.00 - 06.30
Sarapan dan berdiskusi tentang jadwal yang akan dilakukan perhari dengan orang tua
07.00 - 08.00
Perjalanan menuju kantor
12.00-13.00
Istirahat sholat dan makan siang dengan karyawan
13.00-14.00
Bertemu dengan relasi membahas perkembangan bahkan proyek yang akan datang
14.00-16.00
Bertemu dengan team di kantor mengenai schedule pekerjaan kedepan yang akan dilakukan
16.00-17.00
 Pulang kantor dan mengunjungi kantor selanjutnya bergerak dibidang advertising
18.00-18.30
Ishoma, Mandi, bersiap-siap menuju kampus tercinta
19.00 – 20.30
Kuliah
20.30 - 21.00
Nongkrong dengan teman
21.00-22.00
Perjalanan pulang kerumah
22.00 –23.00
Melakukan obrolan dengan orang tua dan bersantai sejenak sebelum tidur
23.00 -
Tidur


Planning
Planning (perencanaan) meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya perencanaan, maka rencana kedepan memiliki arah dan tujuan ke depan secara jelas. Sebagai seorang calon penimpin serta menjadi manusia yang berguna bagi setiap orang harus menetapkan visi, misi, perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang untuk mencapai tujuan  yang diinginkan. Sesibuk apapun kita, sisihkan waktu untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan orang sekitar mengenai apa yang dilakukan dan akan dilakukan dan bagaimana untuk merealisasikannya.
Adapun perencanaan yang akan saya lakukan beberapa tahun antara lain:
1.     Perencanaan finansial : simpanan, tabungan, deposito
2.     Perencanaan pendidikan: investasi pendidikan, tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, sekolah apa yang akan setelah selesai mendapan gelar sarjana. Ingatlah, biaya pendidikan itu merupakan investasi. Serta biaya pendidikan apabila kelak sudah memiliki anak.
3.     Perencanaan hari tua : dana pesangon, dana pensiun, asuransi hari tua, usaha yang akan digeluti.
4.     Perencanaan investasi : rumah, tanah, emas.
5.     Perencanaan akhirat : naik haji, umroh, ibadah, mempersiapkan keluarga menjadi ahli surga.
Jadi fungsi planning dalam kehidupan 10-15 tahun kedepannya nanti adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan membiasakan motivasi pada setiap aktivitas sehari hari. Menetapkan peraturan peraturan guna tercapainya tujuan hidup yang diinginkan beberapa tahun kedepan. Pedoman pelaksanaan yang harus dituruti dan menetapkan ikhtiar biaya yang diperlukan dan pemasukan uang yang diharapkan akan diperoleh dari rangkaian tindakan yang akan dilakukan.

Organizing
Organizing (pengorganisasian) adalah proses mengelompokkan sumber-sumber daya (resources) untuk melakukan suatu aktifitas tertentu. Organizing dapat meliputi: penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas. Untuk terwujudnya masa depan yang di inginkan diperlukan aturan aturan hidup yang dapat menunjang agar lebih disiplin dan menghargai setiap waktu.

Actuating
Actuating adalah mengarahkan diri yang sesuai dengan tujuan hidup. Actuating membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Sehingga tanpa tindakan nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau impian yang tidak pernah menjadi kenyataan. Implementasi actuating dalam kehidupan salah satunya adalah senantiasa memacu semangat diri sendiri untuk mencapai visi dan misi.

Dalam proses actuating ini tentunya diperlukan gaya kepemimpinan. Ada macam gaya kepemimpinanyaitu:
1.     Gaya kepemimpinan otoriter, yaitu gaya kepemimpinan yang cenderung sentralisasi otoritas dan mengandalkan kekuatan legitimasi, penghargaan dan koersif untuk mengatur bawahan.
2.     Gaya kepemimpinan demokratis, yaitu gaya kepemimpinan yang mendelegasikan otoritas pada orang lain mendorong partisipasi dan mengandalkan kekuatan keahlian dan referensi untuk mengatur bawahan
3.     Gaya kepemimpinan campuran, yaitu perpaduan gaya kepemimpinan antara otoriter dan demokratis. Selain memberikan kepercayaan pada orang lain untuk melakukan aktivitas dan kegiatan dalam rumah tangga, tetapi juga menerapkan peraturan yang jelas dan pertanggung jawaban atas tugas dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Dari ketiga gaya kepemimpinan di atas dapat memilih dan menerapkannya dalam kehidupan masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kecocokan. Semua itu dilakukan agar tujuan dan rencana jangka panjang dapat diwujudkan.

Controlling
Controlling memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana. Hal ini membandingkan antara kinerja aktual dengan standar yang telah ditentukan. Jika terjadi perbedaan yang signifikan antara kinerja aktual dan yang diharapkan, kita harus mengambil tindakan yang sifatnya mengoreksi dan mencegah pengulangan terjadinya perbedaan. Fungsi dari controlling adalah menentukan apakah rencana awal perlu direvisi, melihat hasil dari kinerja selama ini. Jika dirasa butuh ada perubahan, maka kita akan kembali pada proses planning, dimana ia akan merencanakan sesuatu yang baru, berdasarkan hasil dari controlling.

Kesimpulan :
Untuk mewujudkan semua itu di butuhkan usaha dan juga do’a. Tanpa usaha dan do’a semuanya itu akan sia-sia. Aku harap itu semua bukan cuman mimpi-mimpi belaka, tapi menjadi kenyataan. Setidaknya mungkin hanya beberapa dari keinginan ku tersebut akan benar-benar terwujud. Amin ya Allah.  
Sebuah rencana  sangat penting bagi kehidupan seseorang untuk meraih apa yang dicita-citakannya. Rencana yang baik dan teratur akan memudahkan sesorang dalam pencapaian hidup menuju kebahagian yang diinginkan. Oleh karena itu kita semua harus mempunya sebuah rencana tujuan hidup agar hidup ini terasa lebih bermanfaat dan mencapai kebahagiaan hidup di dunia maupun di Akhirat.


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: